Dokter Tirta Mendukung Anies Baswedan di Pilpres Setelah Riset Sendiri, Elektabilitasnya Semakin Mendekati Prabowo

Lakukan Riset Sendiri terhadap 3 Paslon, Dokter Tirta Pilih Dukung Anies Baswedan

Jan 15, 2024 - 15:37
Dokter Tirta Mendukung Anies Baswedan di Pilpres Setelah Riset Sendiri, Elektabilitasnya Semakin Mendekati Prabowo
Dokter Tirta umumkan dirinya dukung Anies Baswedan dan menghargai pendukung paslon lain.

Podnografi' Jakarta - Dokter Tirta Mandir Hudi, seorang praktisi kesehatan yang aktif di media sosial, mengumumkan dukungannya terhadap pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam pemilihan presiden mendatang. Keputusan ini diumumkan melalui akun media sosialnya, Minggu (14/1/2024), dan didasarkan pada riset serta data yang telah ia kumpulkan secara mandiri.

Meskipun menyadari bahwa pasangan Prabowo-Gibran saat ini mendominasi dalam sejumlah survei dengan elektabilitas tertinggi, dr. Tirta tetap mantap dengan pilihannya. Dalam unggahan media sosialnya, ia mencatat, "Aku tahu paslon no 2 sudah di atas angin di berbagai survei."

Dokter Tirta menjelaskan bahwa keputusannya untuk mendukung Anies Baswedan didasarkan pada riset data yang dilakukannya dengan metode "What If," mempertimbangkan kemungkinan hasil Pilpres jika salah satu dari tiga pasangan calon memenangkan pemilihan. Meskipun menyadari popularitas paslon lain, ia menekankan bahwa keputusannya didorong oleh harapannya terhadap perubahan.

Meski memiliki pandangan politik yang berbeda dengan sebagian kolega dan masyarakat, dokter yang aktif di media sosial ini menyatakan penghargaannya terhadap perbedaan pendapat. Ia berjanji akan memberikan penjelasan rinci melalui video yang akan diunggah, menjelaskan mengapa ia memilih mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, hasil survei terbaru dari Lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) menyebutkan bahwa elektabilitas Anies Baswedan semakin mendekati Prabowo Subianto, mencapai 34,5 persen. Prof. Firman Noor, peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menganggap strategi Anies yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar berhasil mendiversifikasi pendukung, dengan tambahan dukungan dari kelompok yang sebelumnya bukan pendukung tradisional Anies.

Sementara itu, Anies Baswedan menyambut baik dukungan perubahan dari berbagai pihak. Menanggapi pernyataan Ganjar Pranowo, paslon nomor urut 03, mengenai isu perubahan, Anies mengatakan, "Kita bersyukur bahwa makin hari makin banyak yang ikut pada arus perubahan."

Dengan perubahan yang semakin diterima oleh masyarakat, Anies terus melanjutkan strateginya untuk menularkan gagasan perubahan melalui dialog dengan masyarakat, termasuk melalui platform media sosial seperti TikTok.

Tren Elektabilitas Anies Semakin Meningkat

Dalam konteks elektabilitas, hasil survei IPO mencatat bahwa Prabowo-Gibran masih bertahan di posisi pertama dengan 42,3 persen, diikuti Anies-Muhaimin dengan 34,5 persen, dan Ganjar-Mahfud dengan 21,5 persen.

Analisis Prof. Firman Noor menyebutkan bahwa strategi Anies dalam berpasangan dengan Muhaimin Iskandar membuktikan berhasil dalam mendiversifikasi pendukung. Faktor lain yang meningkatkan elektabilitas Anies adalah sentimen negatif terhadap Prabowo dan pendukung Jokowi.

Firman juga menyoroti bahwa penggunaan platform media sosial seperti TikTok dan X dalam kampanye Anies telah tepat sasaran, terutama meraih dukungan positif dari kalangan milenial atau Generasi Z.

Sebagai catatan, hasil riset dan dukungan dari tokoh masyarakat, seperti Dokter Tirta, menunjukkan bahwa dinamika Pilpres 2024 masih berjalan dengan menarik, dengan masing-masing pasangan calon berusaha memenangkan hati pemilih dengan strategi dan narasi politik mereka.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow