Erick Thohir Ungkap Kesiapannya Terhadap Tawaran Pelatih Shin Tae Yong dari Negara Lain: Kontrak Sampai 2027

Kesepakatan kontrak antara Shin Tae Yong dan PSSI memperkuat stabilitas timnas Indonesia

Jan 30, 2024 - 20:15
Erick Thohir Ungkap Kesiapannya Terhadap Tawaran Pelatih Shin Tae Yong dari Negara Lain: Kontrak Sampai 2027
Erick Thohir mengaku tetap profesional terkait kontrak Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia.

Podnografi' Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara tegas menanggapi pernyataan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, yang mengklaim menerima tawaran untuk melatih negara lain. Dalam sebuah pertemuan di KEK Sanur, Denpasar, Bali pada Selasa (30/1), Erick menyatakan bahwa sementara ia tidak mengetahui detail negara yang tertarik merekrut Shin Tae Yong, ia tetap menghormati kesepakatan kontrak yang ada antara PSSI dan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kontrak antara PSSI dan Shin Tae Yong saat ini berlaku hingga Juni 2024. Namun, Erick mengklarifikasi bahwa ada kesepakatan tambahan yang telah dibuat: jika Timnas U-23 berhasil mencapai delapan besar Piala Asia U-23 2024 di Qatar, kontrak Shin Tae Yong akan diperpanjang hingga tahun 2027. "Kesepakatan bersama, saya sebagai profesional, kontraknya sampai Juni. Beliau dan saya bersepakat untuk meloloskan tim U-23 ke delapan besar, [dan] otomatis [kontrak diperpanjang hingga] 2027. Itu kesepakatannya, jadinya saya menghormati kesepakatan itu. Saya tidak berpikir yang lain," ujar Erick.

Meskipun Shin Tae Yong menerima tawaran dari negara lain, Erick menegaskan bahwa saat ini tidak ada rencana dari PSSI untuk mencari pengganti untuk posisi pelatih Timnas Indonesia. Erick menyatakan kepuasannya dengan kinerja Shin Tae Yong dan mengonfirmasi bahwa kesepakatan kontrak yang sudah ada akan ditegakkan.

Lebih lanjut, Erick membahas tentang ambisi Timnas Indonesia U-23 untuk melangkah ke fase gugur Piala Asia U-23 2024. "Masalah ambisius atau enggak, kita lawan Argentina juga dibilang ambisius. Tapi kita harus berani mencoba. Dan apalagi kalau kita lihat dari 24 pemain yang pergi kemarin, 11 [pemain] di bawah U-23. Dari starter yang bermain ada 5-6 [pemain] di bawah U-23. Jadi kita mesti berani sebagai bangsa," paparnya.

Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 April hingga 3 Mei mendatang, di mana Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Dengan kesepakatan yang jelas antara PSSI dan Shin Tae Yong, semangat untuk mencapai target dan memberikan yang terbaik semakin terasa di Timnas Indonesia.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow