Jokowi Jawab Anies Usai Komentari Debat Capres: Untuk Evaluasi Semua

Usulan perubahan format debat Pilpres 2024 disampaikan Jokowi untuk introspeksi dan evaluasi semua pihak, tidak hanya satu pasangan calon

Jan 9, 2024 - 21:47
Jokowi Jawab Anies Usai Komentari Debat Capres: Untuk Evaluasi Semua
Presiden Jokowi mengatakan usulannya mengubah format debat Pilpres 2024 sebagai evaluasi semua pihak.

Podnografi' Jakarta - Pada Selasa (9/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan respons terhadap komentar Anies Baswedan terkait debat Pilpres 2024. Ia mengusulkan perubahan format debat sebagai evaluasi bersama, melibatkan semua pihak, termasuk ketiga pasangan calon. Landasan Udara Halim Perdanakusuma menjadi saksi pernyataan Jokowi, yang menekankan bahwa saran tersebut bukan untuk membela pasangan calon tertentu, melainkan untuk memperbaiki dan introspeksi bersama.

"Saya berbicara untuk ketiga calon, dan untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Juga untuk introspeksi kita semuanya. Untuk evaluasi kita semuanya," tegas Jokowi.

Presiden menilai bahwa debat ketiga Pilpres 2024 kurang edukatif karena banyak serangan personal yang terjadi. Ia menginginkan agar serangan dalam debat lebih terfokus pada kebijakan dan visi, bukan hal-hal personal. Menurutnya, debat yang bersifat personal tidak memberikan kontribusi edukatif kepada masyarakat dan dapat mengaburkan gagasan para pasangan calon.

Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1, mengungkapkan keterkejutannya atas komentar Jokowi terkait debat. Meskipun demikian, Anies enggan memberikan banyak tanggapan dan memilih untuk membiarkan publik yang menilai.

Dalam membantah kritik Jokowi, Anies menegaskan bahwa semua pembahasan dalam debat terkait kebijakan, bukan hal-hal personal. Menurutnya, debat capres seharusnya menjadi wadah bagi publik untuk menilai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh para calon.

Di sisi lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengklarifikasi bahwa format debat keempat dan kelima Pilpres 2024 tidak akan mengalami perubahan. Ia menegaskan bahwa format tersebut sudah disepakati oleh tim pasangan calon dan televisi penyelenggara debat. Format ini mencakup enam segmen, mulai dari penyampaian visi misi program hingga penyampaian penutup.

Meskipun usulan perubahan format debat mungkin menimbulkan perdebatan, KPU tetap konsisten dengan keputusannya. Dalam menghadapi pemilihan mendatang, masyarakat perlu memperhatikan bagaimana proses debat capres dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait visi dan kebijakan para calon presiden.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow