Ketua KPK Firli Bahuri Ditangkap: Dugaan Pemerasan Terhadap SYL dan Jejak Valas Seharga Rp7,4 Miliar

Firli Bahuri dijerat dengan Pasal 12 e dan/atau Pasal 12B dan/atau Pasal 11 UU Tipikor Juncto Pasal 65 KUHP dengan ancaman hukuman seumur hidup

Nov 23, 2023 - 08:21
Ketua KPK Firli Bahuri Ditangkap: Dugaan Pemerasan Terhadap SYL dan Jejak Valas Seharga Rp7,4 Miliar
Ketua KPK Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Podnografi' Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, telah resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keputusan ini diambil setelah penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan terhadap hampir seratus saksi dan penggeledahan dua lokasi terkait.

Dalam konferensi pers, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan bahwa penyidik meminta keterangan dari tujuh ahli, termasuk ahli hukum pidana, ahli hukum acara, ahli mikro ekspresi, dan ahli digital forensik. Barang bukti yang disita melibatkan dokumen penukaran valuta asing senilai Rp7,4 miliar dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer, serta pakaian, sepatu, dan pin yang digunakan SYL saat pertemuan dengan Firli.

Sebagai tanggapan, Firli dijerat dengan Pasal 12 e dan/atau Pasal 12B dan/atau Pasal 11 UU Tipikor Juncto Pasal 65 KUHP dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup. Kejadian ini menjadi sorotan publik karena melibatkan kepala lembaga antikorupsi yang seharusnya menjaga integritas. Selain dugaan pemerasan, jejak valas seharga Rp7,4 miliar menjadi pertanyaan serius terkait transaksi keuangan yang terkait dengan Firli.

Kasus ini semakin memperumit situasi di tengah upaya KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia. Penyidikan ini menunjukkan tekad pihak berwenang untuk tidak mentoleransi pelanggaran hukum, bahkan oleh pejabat tinggi negara. Seiring berjalannya waktu, publik menantikan pengembangan lebih lanjut terkait kasus ini dan bagaimana peran Firli Bahuri akan berkembang di masa depan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow