Polling Institute: Prabowo-Gibran Unggul, Disusul Anies-Muhaimin dalam Elektabilitas Pemilu 2024

Pasangan Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan momentum positif setelah pengumuman Gibran sebagai cawapres

Nov 23, 2023 - 20:57
Polling Institute: Prabowo-Gibran Unggul, Disusul Anies-Muhaimin dalam Elektabilitas Pemilu 2024
Ganjar, Prabowo, Anies. Survei Polling Institute menyatakan Prabowo-Gibran ada di posisi puncak dengan elektabilitas 43,2 persen. Disusul Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Podnografi' Jakarta - Survei terbaru dari Polling Institute menunjukkan dominasi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam elektabilitas Pemilihan Umum 2024, dengan meraih 43,2%. Pasangan ini berhasil mengungguli saingan terdekatnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang mencatatkan elektabilitas sebesar 24,3%, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi ketiga dengan 24,1%.

Menariknya, analisis survei ini mencatat adanya peningkatan signifikan dalam elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran sekitar 7 persen dari survei sebelumnya pada akhir Oktober yang mencapai 36,2%. Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin juga mengalami peningkatan sekitar 4 persen dari angka 20,2% pada survei sebelumnya.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, menjelaskan bahwa sebagian pendukung basis Prabowo kemungkinan berpindah mendukung Anies-Muhaimin setelah Gibran dipilih sebagai cawapres Prabowo.

Sayangnya, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan dari 29% pada survei Oktober menjadi 24,1%. Kennedy mencatat adanya migrasi sekitar 4 persen yang tergerus dari pasangan Ganjar-Mahfud setelah kepastian Gibran sebagai cawapres Prabowo.

Survei dilakukan pada 15-17 November 2023, melibatkan 1.496 responden melalui sambungan telepon. Metode pemilihan sampel menggunakan teknik random digit dialing (RDD) dengan margin of error ±2,6 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara survei LSI Denny JA periode November 2023 juga menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran tetap kokoh di puncak dengan angka 40,3%, disusul Ganjar-Mahfud (28,6%) dan Anies-Muhaimin (20,3%). Elektabilitas Ganjar-Mahfud mengalami penurunan tajam dari Oktober 2023, sementara elektabilitas Anies-Cak Imin melonjak dari 8,8% di bulan yang sama.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow