RS Dadi Makassar Hadirkan Kamar Super VIP untuk Caleg Pascapemilu: Inovasi Perhatian Terhadap Kesejahteraan Mental

RS Dadi Makassar memberikan solusi bagi calon legislatif yang mengalami gangguan kejiwaan pasca-Pemilu

Feb 12, 2024 - 13:35
RS Dadi Makassar Hadirkan Kamar Super VIP untuk Caleg Pascapemilu: Inovasi Perhatian Terhadap Kesejahteraan Mental
RSKD Dadi Sulawesi Selatan menyiapkan ruangan kelas 1 hingga super VIP untuk caleg gagal yang alami gangguan jiwa atau depresi.

Podnografi' Jakarta - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Sulawesi Selatan di Makassar mengumumkan langkah inovatif dengan menyediakan fasilitas kesehatan mental kelas atas untuk calon legislatif (caleg) yang mengalami dampak psikologis akibat kegagalan dalam Pemilu 2024. Dalam upaya mendukung kesejahteraan mental mereka, RSKD Dadi menawarkan kamar perawatan mulai dari kelas biasa hingga super VIP.

Menurut Koordinator Humas RSKD Dadi, Wawan Satriawan, fasilitas ini melibatkan berbagai tipe kelas ruang perawatan, mulai dari kelas 1 hingga super VIP. "Kelas pertama dengan 4 tempat tidur, kelas kedua dengan 12 tempat tidur, kelas ketiga dengan 24 tempat tidur. Kami juga menyediakan 2 kamar VIP dan 2 kamar super VIP," ujar Wawan.

Dengan kapasitas lebih dari seratus pasien, rumah sakit ini menegaskan bahwa mereka siap menangani pasien sesuai dengan ketersediaan tempat tidur dan pasien lainnya. Lebih lanjut, Wawan mengungkapkan bahwa ada 14 spesialis psikiatri yang tersedia untuk memberikan perawatan terbaik.

"Masa penyembuhan pasien depresi bervariasi, tetapi yang paling cepat dapat pulih dalam dua minggu. Kami memiliki 14 tenaga profesional dari spesialis psikiatri untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan yang sesuai," tambahnya.

Proses perawatan dan pemulihan pasien akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Meskipun demikian, rumah sakit ini menetapkan biaya perawatan yang akan dibebankan kepada pasien.

"Pembiayaan perawatan akan ditanggung oleh pasien, dan kami memahami bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan waktu penyembuhan yang berbeda-beda," jelas Wawan.

Sementara itu, masa kampanye Pemilu 2024 telah berakhir pada 10 Februari 2024, dan Pemilu memasuki masa tenang hingga 13 Februari 2024. Pemungutan suara rencananya akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Pada tanggal tersebut, pemilih akan memberikan suara mereka untuk presiden, wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

Keputusan RS Dadi Makassar untuk menyediakan fasilitas kesehatan mental kelas atas ini mencerminkan perhatian yang lebih besar terhadap kesejahteraan dan dukungan bagi mereka yang terlibat dalam proses demokrasi, khususnya caleg yang mungkin menghadapi tekanan dan dampak emosional setelah Pemilu. Inisiatif ini diharapkan menjadi langkah positif dalam menciptakan lingkungan yang peduli terhadap aspek kesehatan mental di kalangan tokoh politik.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow