TikTok Rilis Kerja Sama dengan Tokopedia, Fokus pada Dukungan UMKM Lokal

Direktur Eksekutif E-commerce TikTok, Stephanie Susilo, menegaskan kesamaan visi dan misi sebagai dasar kolaborasi

Dec 12, 2023 - 18:46
TikTok Rilis Kerja Sama dengan Tokopedia, Fokus pada Dukungan UMKM Lokal
TikTok mau bekerja sama dengan Tokopedia karena e-commerce tersebut memiliki visi dan misi yang sama dengan mereka; memajukan UMKM lokal.

Podnografi' Jakarta - Dalam sebuah pengumuman resmi, TikTok mengungkap alasan di balik kolaborasinya dengan Tokopedia, menyoroti kesamaan visi dan misi untuk mendukung UMKM lokal dan kreator di Indonesia. Stephanie Susilo, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok, menjelaskan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan sektor UMKM lokal.

Meskipun rincian kerja sama tersebut belum dijelaskan secara rinci, TikTok dan Tokopedia sedang melakukan uji coba untuk mengintegrasikan bisnis TikTok Shop di bawah PT Tokopedia. TikTok Shop secara resmi dibuka kembali pada 12 Desember 2023 setelah menjalin kemitraan strategis dengan Tokopedia.

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia, menciptakan keterpaduan yang lebih besar antara keduanya. Pihaknya berencana untuk terus bekerja sama dengan Tokopedia, dan perubahan dan pembaruan akan diumumkan di masa mendatang.

Dalam konteks ini, pihak TikTok berfokus pada kampanye "Beli Lokal," yang dimulai pada 12 Desember 2023, sejalan dengan Hari Belanja Online Nasional. Namun, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan batasan waktu selama empat bulan untuk uji coba kerja sama ini, dengan Kementerian Perdagangan berencana untuk melakukan audit setelah periode tersebut.

Dengan kolaborasi ini, TikTok dan Tokopedia berharap dapat memberikan dampak positif pada UMKM lokal, menguatkan posisi mereka di pasar digital Indonesia.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow