Yenny Wahid Mendukung Pernyataan Gus Ipul Sebagai Sekjen PBNU Mengenai Ba'asyir

Kelompok yang didukung oleh Ba'asyir dan Amien Rais diingatkan sebagai berseberangan dengan cara berpikir NU

Jan 17, 2024 - 21:32
Yenny Wahid Mendukung Pernyataan Gus Ipul Sebagai Sekjen PBNU Mengenai Ba'asyir
Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid mendukung pernyataan Gus Ipul yang meminta warga NU tak memilih capres yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir.

Podnografi' Jakarta - Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Yenny Wahid, memberikan dukungannya terhadap pernyataan Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Pernyataan Gus Ipul yang menyarankan warga NU untuk tidak memilih calon yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais dalam Pilpres 2024 mendapatkan respons positif dari Yenny Wahid.

Yenny Wahid berpendapat bahwa sebagai Sekjen PBNU, mendukung pernyataan Gus Ipul adalah tindakan yang normatif. Menurutnya, dalam politik, kelompok yang berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila tidak seharusnya diberikan ruang terlalu besar dalam panggung politik Indonesia.

"Kalau sebagai Sekjen PBNU saya rasa memang secara normatif kita memang mendukung. Tidak ada, apa ya namanya, dalam politik ini semua yang berhaluan melawan Pancasila saya rasa tidak perlu diberikan ruang terlalu besar dalam panggung politik di Indonesia," ungkap Yenny di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (17/1).

Yenny Wahid menegaskan bahwa filosofi dasar Indonesia adalah Pancasila, dan kelompok yang berseberangan dengan nilai-nilai tersebut perlu diwaspadai karena mungkin memiliki agenda terselubung.

"Dalam konteks itu, ucapan Gus Ipul itu sebetulnya sebagai Sekjen PBNU sudah pas," tambah Yenny.

Meskipun begitu, Yenny Wahid juga mencatat bahwa pernyataan Gus Ipul dapat diinterpretasikan berbeda jika dipahami sebagai bagian dari tim sukses (timses) Ganjar Pranowo-Mahfud MD. TPN Ganjar-Mahfud sendiri saat ini fokus memastikan kampanye berjalan lancar tanpa adanya sabotase.

Yenny Wahid menegaskan bahwa program Ganjar-Mahfud menekankan penghormatan terhadap kebinekaan, menghargai perbedaan agama, keyakinan, suku, ras, dan lain sebagainya sebagai titik tolak dalam berkampanye.

Sebelumnya, Gus Ipul telah mengajak seluruh warga NU untuk menggunakan hak pilihnya di Pilpres 2024 dengan memilih calon yang sesuai dengan kaidah ke-NU-an. Ia secara khusus menyarankan agar warga NU tidak memilih pasangan yang didukung oleh Abu Bakar Ba'asyir dan Amien Rais, tanpa menyebut secara gamblang pasangan calon yang dimaksud.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow