Indonesia Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Setelah Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik Berubah

Qatar memenangkan Grup A Piala Asia 2023, mengalahkan China 1-0, dan finis dengan poin sempurna

Jan 23, 2024 - 13:14
Indonesia Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Setelah Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik Berubah
Kemenangan Qatar atas China semakin membuka peluang Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Podnografi' Jakarta - Pada Senin malam (22/1), klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 mengalami perubahan signifikan. Dua pertandingan terakhir Grup A menyaksikan Qatar mengalahkan China 1-0 di Stadion Khalifa, International, Al Rayyan. Gol semata wayang dicetak oleh Hassan Al Haydos pada menit ke-66.

Dengan kemenangan ini, Qatar berhasil finis sebagai juara Grup A dengan poin sempurna, yaitu sembilan, setelah meraih tiga kemenangan berturut-turut. Di sisi lain, kekalahan China membuat mereka turun ke peringkat ketiga klasemen Grup A dengan dua poin dari tiga pertandingan.

Pada pertandingan lainnya di Grup A, Tajikistan berhasil mengalahkan Lebanon 2-1 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan. Meskipun Lebanon unggul lewat gol Bassel Jradi pada menit ke-47, Tajikistan mampu bangkit dan memenangkan pertandingan dengan dua gol dari Parvizdzhon Umarbayev pada menit ke-80 dan Nuriddin Khamrokulov pada menit ke-90+2.

Kemenangan Tajikistan ini membawa mereka naik dari posisi ketiga ke peringkat kedua klasemen Grup A, dengan mengumpulkan tiga poin, sehingga lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A. Di sisi lain, kekalahan ini membuat Lebanon finis sebagai juru kunci Grup A dengan satu poin.

Perubahan dalam klasemen Grup A memberikan peluang bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur tim peringkat ketiga terbaik. Setelah kekalahan China, mereka kini menempati posisi ketiga dalam klasemen peringkat ketiga terbaik, di bawah Indonesia yang berada di posisi kedua dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 saat ini memunculkan Bahrain dari Grup E sebagai pemuncak dengan tiga poin, diikuti oleh Indonesia dengan tiga poin, dan China berada di posisi ketiga dengan dua poin. Oman dari Grup F, Suriah dari Grup B, dan Palestina dari Grup C menempati posisi keempat, kelima, dan keenam masing-masing dengan satu poin.

Dengan skenario ini, jika Suriah dan Palestina bermain imbang pada Selasa malam (23/1), Indonesia akan otomatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tanpa harus menunggu hasil pertandingan melawan Jepang pada Rabu (24/1).

Pertandingan selanjutnya melibatkan Suriah yang akan menghadapi India dan Palestina yang akan berhadapan dengan Hong Kong pada laga terakhir masing-masing grup. Kiprah Indonesia di Piala Asia 2023 sangat ditentukan oleh hasil pertandingan ini.

Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik Piala Asia 2023, hingga Senin (22/1) Malam:
1. Bahrain (Grup E) 3 Poin
2. Indonesia (Grup D) 3 Poin
3. China (Grup A) 2 Poin
4. Oman (Grup F) 1 Poin
5. Suriah (Grup B) 1 Poin
6. Palestina (Grup C) 1 Poin

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow