Perubahan Klasemen Piala Asia 2023 Membuka Peluang Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar

Indonesia memiliki peluang besar untuk melaju ke fase gugur tanpa harus mengandalkan hasil pertandingan terakhir

Jan 23, 2024 - 13:14
Perubahan Klasemen Piala Asia 2023 Membuka Peluang Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar
Kemenangan Qatar atas China semakin membuka peluang Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Podnografi' Jakarta - Pada Senin malam (22/1), drama Piala Asia 2023 semakin memanas dengan perubahan signifikan dalam klasemen peringkat ketiga terbaik. Qatar berhasil keluar sebagai juara Grup A setelah mengalahkan China 1-0, sementara Tajikistan meraih kemenangan 2-1 atas Lebanon. Perubahan ini membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar melalui jalur tim peringkat ketiga terbaik.

Qatar Unggul di Grup A, China Terpuruk

Dalam pertandingan di Stadion Khalifa, International, Al Rayyan, Qatar berhasil memenangkan pertarungan melawan China dengan skor 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Hassan Al Haydos pada menit ke-66. Kemenangan ini membuat Qatar menjadi juara Grup A dengan poin sempurna, sembilan, setelah meraih tiga kemenangan beruntun. Di sisi lain, kekalahan China menurunkan mereka ke peringkat ketiga klasemen Grup A dengan dua poin dari tiga pertandingan.

Tajikistan Bangkit dan Lolos ke Babak 16 Besar

Pertandingan lain di Grup A melibatkan Tajikistan dan Lebanon di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan. Meskipun Lebanon unggul lewat gol Bassel Jradi pada menit ke-47, Tajikistan bangkit dengan kemenangan 2-1. Parvizdzhon Umarbayev mencetak dua gol pada menit ke-80 dan Nuriddin Khamrokulov pada menit ke-90+2. Kemenangan ini membawa Tajikistan naik dari posisi ketiga ke peringkat kedua klasemen Grup A, dengan mengumpulkan tiga poin, sehingga lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A.

Peluang Indonesia Meningkat dengan Kekalahan China

Perubahan dalam klasemen Grup A memberikan peluang besar bagi Timnas Indonesia. Setelah kekalahan China, mereka kini menempati posisi kedua dalam klasemen peringkat ketiga terbaik, di bawah Bahrain dari Grup E. Saat ini, klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia 2023 menunjukkan Bahrain di puncak dengan tiga poin, diikuti oleh Indonesia dengan tiga poin, dan China berada di posisi ketiga dengan dua poin.

Skenario Lolos Indonesia Tanpa Menunggu Hasil Pertandingan

Dengan posisi saat ini, jika Suriah dan Palestina bermain imbang pada Selasa malam (23/1), Indonesia akan otomatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tanpa harus menunggu hasil pertandingan melawan Jepang pada Rabu (24/1).

Jadwal Pertandingan Selanjutnya dan Kiprah Indonesia di Piala Asia 2023

Pertandingan selanjutnya melibatkan Suriah yang akan menghadapi India dan Palestina yang akan berhadapan dengan Hong Kong pada laga terakhir masing-masing grup. Kiprah Indonesia di Piala Asia 2023 sangat ditentukan oleh hasil pertandingan ini.

Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik Piala Asia 2023, hingga Senin (22/1) Malam:
1. Bahrain (Grup E) 3 Poin
2. Indonesia (Grup D) 3 Poin
3. China (Grup A) 2 Poin
4. Oman (Grup F) 1 Poin
5. Suriah (Grup B) 1 Poin
6. Palestina (Grup C) 1 Poin

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow