Ketua DPP PDIP Hamka Haq Tutup Usia di Jakarta, PDI Perjuangan Berduka

Almarhum dikenal sebagai tokoh yang berjasa dalam memajukan bangsa Indonesia

Dec 7, 2023 - 14:33
Ketua DPP PDIP Hamka Haq Tutup Usia di Jakarta, PDI Perjuangan Berduka
Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Hamka Haq dikabarkan meninggal dunia, Kamis (7/12).

Podnografi' Jakarta - Kamis (7/12), politik Indonesia meratapi kehilangan dengan berpulangnya Ketua DPP PDIP, Prof. Dr. H. Hamka Haq, MA. Kabar duka tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, melalui unggahan di media sosial Instagram. Hamka Haq menghembuskan napas terakhirnya pukul 10.46 WIB di RS Siloam MRCCC, Semanggi, Jakarta.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah Pulang Ke Rahmatullah. Sosok sahabat dan saudara dalam perjuangan, Bapak Prof Dr H Hamka Haq MA," ujar Djarot dalam unggahannya.

Sebagai eks Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Hamka Haq memiliki kontribusi yang signifikan, terutama dalam bidang keagamaan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dia pernah duduk di Komisi VIII dan aktif dalam berbagai kegiatan keumatan di PDIP.

Pendidikan tinggi Hamka Haq sebagai seorang akademisi dan mantan Guru Besar di IAIN Alauddin Makassar (1999-2013) memberinya landasan kuat dalam memahami isu-isu keagamaan dan kemanusiaan. Tidak hanya itu, perannya sebagai Penasehat MUI sejak 2010 menunjukkan dedikasinya terhadap harmoni antarumat beragama di Indonesia.

Hamka Haq juga dikenal sebagai Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), sayap partai di bawah PDIP. Kontribusinya bukan hanya dalam ranah politik, tetapi juga dalam pengembangan organisasi keagamaan.

PDI Perjuangan dan seluruh rakyat Indonesia berduka cita atas kepergian Hamka Haq. Doa terbaik pun dikirimkan untuk keluarganya agar diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Almarhum akan diingat sebagai tokoh yang berdedikasi dalam menjaga keberagaman dan keadilan di Tanah Air.

Kehilangan Hamka Haq menyisakan duka mendalam bagi PDIP dan seluruh lapisan masyarakat. Semangat dan jejak perjuangannya akan terus menginspirasi generasi penerus untuk meneruskan perjuangan demi keadilan dan kesejahteraan bangsa.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow