Innalillahi, Ketua DPP PDIP Hamka Haq Tutup Usia: Perjalanan Panjang Seorang Akademisi dan Politikus

Almarhum pernah menjabat sebagai Anggota DPR dan Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di PDIP

Dec 7, 2023 - 14:33
Innalillahi, Ketua DPP PDIP Hamka Haq Tutup Usia: Perjalanan Panjang Seorang Akademisi dan Politikus
Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Hamka Haq dikabarkan meninggal dunia, Kamis (7/12).

Podnografi' Jakarta - Ketua DPP PDIP, Hamka Haq, meninggal dunia pada Kamis (7/12) siang, meninggalkan kekosongan di dunia politik Indonesia. Kabar duka ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, melalui unggahan media sosial Instagram. Hamka Haq wafat di RS Siloam MRCCC, Semanggi, Jakarta, pukul 10.46 WIB.

Djarot Saiful Hidayat mengenang Hamka Haq sebagai sosok sahabat dan saudara dalam perjuangan. Hamka Haq, yang juga mantan Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan pernah duduk di Komisi VIII, meninggalkan jejak perjalanan politiknya yang panjang.

Berlatar belakang sebagai akademisi, Hamka Haq pernah menjabat sebagai Guru Besar di IAIN Alauddin Makassar dari 1999 hingga 2013. Dia juga menjadi Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak 2010, menunjukkan kontribusinya dalam ranah keagamaan.

Dalam kepengurusan DPP PDIP, Hamka Haq menjabat sebagai Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, peran Hamka Haq tidak hanya terbatas pada lingkup partai politik, karena dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), sayap partai di bawah PDIP.

Pergulatan panjang Hamka Haq sebagai seorang akademisi dan politikus terasa menggema dalam kepemimpinan dan kontribusinya di berbagai sektor. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, rekan-rekan seperjuangan, dan dunia politik Indonesia secara keseluruhan. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan doa terbaik disampaikan untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberi ketabahan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow