MKMK Umumkan Keputusan Etik, Kontroversi Soal Syarat Capres-Cawapres

MKMK memberlakukan sanksi teguran kolektif kepada hakim terlapor, menciptakan debat terkait otonomi lembaga peradilan dan kendali etika di dalamnya

Nov 7, 2023 - 17:40
MKMK Umumkan Keputusan Etik, Kontroversi Soal Syarat Capres-Cawapres
Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie didampingi dua anggota MKMK: Bintan Saragih dan Wahiduddin Adams.

Cydem.co.id' jakarta - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) membuat keputusan kontroversial hari ini, menyatakan bahwa sembilan hakim konstitusi melanggar etika dengan membocorkan informasi rahasia dalam forum Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). Putusan ini terkait dengan kasus dugaan pelanggaran kode etik yang terkait dengan putusan syarat batas usia minimal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres).

Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie, mengumumkan putusan tersebut di Gedung MK, Jakarta Pusat, pada Selasa petang. Menurutnya, para hakim terbukti bersalah dalam melanggar kode etik, sebagaimana diatur dalam Sapta Karsa Hutama, Prinsip Kepantasan, dan Kesopanan. Sanksi yang dijatuhkan adalah teguran secara kolektif kepada sembilan hakim terlapor.

Putusan ini menciptakan kehebohan karena melibatkan Anwar Usman, Ketua MK, yang merupakan salah satu dari sembilan hakim yang melanggar etika. Usman menjadi hakim yang paling banyak dilaporkan dengan total 15 laporan, termasuk dari pakar hukum tata negara Denny Indrayana.

Kasus ini bermula dari 21 laporan terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh sembilan hakim MK terkait dengan putusan syarat batas usia calon presiden dan wakil presiden. Keputusan MKMK ini memunculkan pertanyaan tentang integritas dan keadilan di lembaga tinggi hukum tersebut.

Lebih kontroversial lagi, putusan MK sebelumnya memungkinkan seseorang mendaftar sebagai calon presiden atau wakil presiden jika berusia minimal 40 tahun atau pernah menduduki jabatan publik melalui pemilu. Keputusan ini memberi kesempatan kepada Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang juga keponakan Anwar Usman, untuk maju sebagai calon wakil presiden dalam Pilpres 2024, meskipun belum mencapai usia 40 tahun.

Keputusan MKMK ini telah memicu perdebatan di kalangan masyarakat, khususnya terkait implikasinya pada peta politik nasional. Pertanyaan tentang transparansi dan integritas lembaga hukum menjadi sorotan, sementara partisipasi Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 mendampingi Prabowo Subianto juga menjadi perhatian publik.

Pengamat politik dan masyarakat menunggu pengembangan lebih lanjut terkait putusan ini, yang diharapkan dapat memberikan kejelasan dan keyakinan terhadap sistem hukum yang berlaku di Indonesia.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow