Doa untuk Palestina yang Bisa Umat Muslim Panjatkan Lengkap dengan Artinya

Doa qunut nazilah, yang dipanjatkan dengan ketulusan hati, mencerminkan harapan umat Muslim Indonesia untuk perdamaian dan keadilan di Palestina, menunjukkan solidaritas lintas batas geografis

Nov 3, 2023 - 15:48
Doa untuk Palestina yang Bisa Umat Muslim Panjatkan Lengkap dengan Artinya
Bacaan doa untuk bangsa Palestina yang sedang diserang pasukan Israel, memohon Allah SWT memberikan kemenangan dan membinasakan musuh.

Podnografi' Jakarta -Belakangan ini konflik yang terjadi di Palestina masih menjadi sorotan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Sebagai seorang muslim, doa yang tulus dapat dipanjatkan agar rakyat Palestina mendapatkan kekuatan dan ketabahan.
Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, doa qunut nazilah dapat dilafalkan ketika umat Islam tengah menghadapi isu-isu berat dalam kehidupan, seperti masalah keamanan, pertanian, bencana alam, hingga krisis kemanusiaan.

Qunut nazilah sendiri pernah diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW selama satu bulan setelah kehilangan beberapa sahabatnya dalam Tragedi Bir Maunah. Dalam praktiknya, qunut nazilah ini dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir dalam setiap shalat wajib lima waktu.

Dengan ketulusan hati, mari kita bersama-sama mendoakan agar perdamaian dan keadilan menyinari jalan di Palestina. Berikut doa qunut nazilah untuk Palestina, lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina
Masih mengutip laman Nahdlatul Ulama, qunut nazilah adalah bacaan doa yang disunnahkan untuk dibaca setiap sholat lima waktu setelah rukuk yang terakhir. Praktik ini bisa dilakukan oleh imam saat memimpin jamaah maupun oleh orang yang sedang menunaikan sholat sendirian.

Bacaan doa qunut nazilah untuk Palestina, berikut dengan latin dan artinya:

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

Allâhumma innâ nasta'înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu'minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla'u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na'budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas'â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq

Artinya: "Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir."

Tata Cara Doa Qunut Nazilah Untuk Palestina
Mengutip dari umsu.ac.id, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan saat membaca doa qunut nazilah. Berikut penjelasannya:

Membaca doa qunut setelah rukuk pada saat rakaat terakhir di setiap sholat wajib
Membaca doa dengan suara yang pelan saat sholat Zuhur dan Asar dan membaca dengan suara yang keras pada saat sholat Subuh, Magrib, dan Isya, baik secara berjamaah maupun sendiri.
Imam yang membacakan doa qunut nazilah dapat mengganti kata ganti sendiri dengan kata ganti jamak. Para jamaah hanya perlu mengamini.
Demikian bacaan doa qunut nazilah untuk Palestina, lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow