Strategi Potensial Ganjar-Mahfud dan AMIN untuk Bersatu dalam Pilpres Dua Putaran

Djayadi Hanan dari LSI menyebut Prabowo-Gibran unggul sementara, mendorong AMIN dan Ganjar-Mahfud untuk berkolaborasi

Jan 2, 2024 - 13:10
Strategi Potensial Ganjar-Mahfud dan AMIN untuk Bersatu dalam Pilpres Dua Putaran
Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan bergabung dalam satu koalisi apabila Pilpres 2024 terjadi dalam dua putaran.

POdnografi' Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi kemungkinan adanya kolaborasi antara pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam satu koalisi apabila Pilpres 2024 berlangsung dalam dua putaran. Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, hasil survei menunjukkan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul, namun data tersebut masih dinamis.

Djayadi memperkirakan bahwa paslon 1 dan 3 akan berusaha bergabung di putaran kedua jika Prabowo-Gibran unggul di putaran pertama. Meskipun demikian, ia mengakui adanya tantangan berat terutama dalam meraih keseragaman dukungan di tingkat masyarakat. Data sementara menunjukkan kemungkinan pergeseran dukungan dari pemilih AMIN ke Prabowo-Gibran dan sebaliknya.

Djayadi menyebut bahwa penyelesaian potensial untuk menjaga kekuatan dan soliditas koalisi AMIN-Ganjar-Mahfud adalah melalui instruksi dari elite partai, bahkan ketua umum. Dia menyarankan bahwa jika dalam satu setengah bulan paslon 1 dan 3 bisa merundingkan dan merencanakan konsolidasi, instruksi dari tokoh-tokoh partai, seperti pertemuan antara Megawati (PDI-P) dan Surya Paloh (NasDem), dapat mempengaruhi dukungan di tingkat basis.

Meskipun Tim Nasional Anies-Muhaimin (AMIN) tetap optimis dan menargetkan lolos pada putaran kedua, tim pemenangan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mulai menyiapkan skenario untuk putaran kedua. Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengindikasikan bahwa hasil riset internal menunjukkan Pilpres 2024 kemungkinan akan berlangsung dalam dua putaran, dengan persaingan utama antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow